LOMBA BARIS BERBARIS ANTAR SMA DI MERAUKE DI GELAR

Gerakan Pramuka Indonesia adalah nama organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan yang dilaksanakan di Indonesia. Kata “Pramuka” merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti Jiwa Muda yang Suka Berkarya. Tujuannya untuk membentuk setiap pramuka memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sehubungan dengan program kerja mahasiswa Racana Frans Kaisiepo dan Christina Martina Tiahahu Universitas Musamus, bekerja sama dengan Satgas Yonif 315/Garuda. Maka pada Senin 9/7/18 mengadakan Lomba Kecakapan Baris Berbaris (LKBB) tingkat SMA se Kabupaten Merauke, yang dipusatkan di lapangan SMKN 1 Merauke Distrik Sota.
Pasiter Satgas Yonif 315/Garuda Lettu Inf Andika beserta Dansi Intel Satgas Serka Ade Rahman yang di tunjuk menjadi Juri dalam kegiatan LKBB tersebut, mendampingi Bpk Ramos yang juga sebagai salah satu pembina kegiatan Kepramukaan di Kabupaten Merauke, mengatakan tujuan dengan diadakanya kegiatan LKBB ini adalah untuk menumbuhkan sikap jasmani yang tegap, sehingga dengan demikian senantiasa dapat mengutamakan kepentingan tugas diatas kepentingan individu, dan secara tak langsung juga menanamkan rasa tanggung jawab.
Adapun hasil pemenang Lomba Kecakapan Baris Berbaris juara 1 dan juara umum SMAN 1 Merauke (Nilai rata 485), Juara 2 SMKN 1 Merauke (nilai rata 435) dan Juara 3 SMAN 1 Kurik (nilai rata 335), beberapa point penilaian dalam lomba tersebut seperti Kostum, Kekompakan, Kerapihan, Penguasaan Lapangan dan penguasaan Materi.
Dalam kesempatan tersebut Andika memberikan pesan kepada seluruh peserta “Jadilah generasi penerus bangsa yang kreatif dan inovatif, ciptakan pribadi disiplin dan bertanggung jawab serta tumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan”. *(Aripin/Dok.Yonif 315/Grd)*

Hera/Red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *