Dengar Aspirasi Warga Binaanya, Babinsa Laksanakan Kunjungan Kekampung Demi Kemajuan Warganya

zonakomando.com, Yapen, Dalam Menjalin komunikasi antara Babinsa dengan masyarakat binaannya bisa dilakukan di mana saja, seperti yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 1709-01/Yapsel Serda Saharudin melaksanakan Komsos bersama masyarakat binaannya di tepi jalan Kampung Manaini Kali Dingin Kabupaten Kepulauan Yapen, Pada Minggu (14/10/2018).

Sebelumnya di Kantor Kodim, Kasdim 1709/Yawa Mayor Arm Mustafa Lara menjelaskan bahwa “Komunikasi sosial atau Komsos adalah bagian dari pembinaan teritorial atau Binter yang harus dilaksanakan setiap prajurit di Satuan Kewilayahan. Pelaksanaan Komunikasi Sosial ini merupakan tugas rutin yang dilaksanakan Babinsa untuk mengetahui perkembangan wilayah binaannya, karena hasil dari Komunikasi sosial Babinsa bersama masyarakat tersebut akan bisa lebih mempererat hubungan antara TNI dan Masyarakat serta dapat meningkatkan kemajuan kampung”.

Disamping itu Babinsa merupakan ujung tombak satuan di lapangan, maka dengan itu, kegiatan Komunikasi sosial yang dilaksanakan oleh Babinsa dapat diterima positif oleh masyarakat. “Dengan adanya Babinsa yang berkeliling di desa binaan, maka Babinsa dengan cepat akan bisa tahu bila ada permasalahan, ada keluhan, dan saran-saran dari masyarakat yang berguna untuk kesejahteraan masyarakat kampung binaanya,” ungkap Kasdim 1709/Yawa Mayor Arm Mustafa Lara.

Selanjutnya Dalam pelaksanaan Komsos di kampung binaannya ini, Serda Saharudin banyak menerima dan mendengarkan berbagai keluhan, saran dan aspirasi dari masyarakat binaanya. Mulai dari keluhan tentang masih banyaknya pemuda yang mabuk-mabukan sampai dengan membuat keributan, ingin menghidupkan kembali jaga malam atau Siskamling dan ingin membuat kampung lebih terjaga lagi kebersihannya agar mencegah timbulnya berbagai penyakit yang menyerang masyarakat kampung terutama Malaria.

Mendengar berbagai keluhan dan aspirasi tersebut, Serda Saharudin mengharapkan agar para orang tua yang memiliki anak remaja supaya mencegah mereka agar tidak lagi meminum minuman keras yang menyebabkan kerugian pada diri mereka, kemudian untuk jaga malam memang lebih baik segera dihidupkan kembali agar keamanan dan ketentraman masyarakat lebih terjaga dari berbagai tindak kejahatan seperti keributan akibat pemuda yang mabuk-mabukan dan aksi pencurian terhadap barang-barang yang ada di masing-masing rumah masyarakat kampung ini.

Kemudian untuk masalah kebersihan kampung, Serda Saharudin mengatakan secepatnya akan segera berkonsultasi kepada aparat pemerintah kampung agar segera merencanakan dan menyelenggarakan kegiatan gotong royong untuk membersihkan kampung yang meliputi, pembersihan saluran air, pembersihan halaman rumah dan akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk melaksanakan Fogging atau pengasapan agar kampung ini terhindar dari banyaknya nyamuk malaria yang sangat berbahaya bagi kesehatan, tutupnya”,” Tambahnya
(Pendam XVII/Cendrawasih)

Hera/Red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *