KAL Mansalar Lanal Sibolga Tangkap Tangan Kapal Bom Ikan di Pulau Kalimantung

Sibolga,– KAL Mansalar Lanal Sibolga amankan kapal bom ikan di Pulau Kalimantung yang sedang melaksanakan kegiatan penangkapan ikan dengan menggunakan bom ikan, Senin (20/5).

Penangkapan berawal saat KAL Mansalar melaksanakan patroli di Perairan Teluk Tapian Nauli dan Perairan Mursala di wilayah Perairan Labuhan Kapal, mendapat informasi dari nelayan bahwa di Perairan Kalimantung sedang berlangsung kegiatan nelayan menangkap ikan menggunakan bom.

Menindaklanjuti laporan tersebut, KAL Mansalar bergerak menuju Perairan Pulau Kalimantung dan pada posisi 01° 34’ 854′ U – 098° 31’ 885’’ T, melihat secara visual sebuah kapal kecil sandar di Pantai Kalimantung selanjutnya dilaksanakan pemeriksaan menggunakan perahu karet oleh tim pemeriksa berjumlah 4 anggota KAL Mansalar dan membawa satu pucuk senjata AK47.

Saat Tim Pemeriksa tiba dilokasi dan meihat 3 orang ABK kapal melarikan diri ke darat menuju bukit di Pulau Kalimantung, selanjutnya dilaksanakan pengejaran dan penyisiran sampai ke bukit, namun pelaku tidak ditemukan. Selanjutnya Tim Pemeriksa mengamankan dan melaksanakan pemeriksaan kapal dan ditemukan barang bukti berupa 1 (satu) unit perahu/sampan dengan menggunakan 2 mesin PK15, 1 (satu) unit kompresor dan peralatan selam, 1 (satu) buah box fiber ikan campur hasil handak (bagian dalam ikan kondisi hancur), 3 (tiga) buah tas berisikan baju milik pelaku, 1 (satu) buah karung berisi botol minuman M150 dan botol bir yang diduga digunakan sebagai conteiner bom ikan.

Selanjutnya Tim melakukan penyisiran darat dan menemukan sebuah gubuk dalam keadaan kosong. Tim melanjutkan penyisiran bertemu dengan nelayan yang sedang singgah di Pulau Kalimantung dan diperoleh informasi bahwa ybs melihat 3 orang melakukan penangkapan ikan menggunakan bom dan saat melihat ada Kapal Lanal, pelaku melarikan diri kearah hutan dan meninggalkan perahu mereka dipantai,

Berdasarkan hal tersebut, Komandan Lanal Sibolga Letkol Laut (P) Betrawan, M.Tr.Hanla, memerintahkan agar barang bukti berupa perahu dan muatannya dibawa ke Lanal Sibolga untuk proses penyelidikan lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *