Bina Mental Juang Pemuda Bahari Melalui Bintal Juang Remaja Bahari Lantamal IV

Tanjungpinang, — Wakil Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Wadan Lantanmal) IV Kolonel Laut (P) Imam Teguh Santoso, S.T., M.Si., secara resmi membuka Upacara Pembukaan Kegiatan Bintal Juang Remaja Bahari (BJRB) Tahun 2019 yang bertempat di Lapangan Apel Markas Komando (Mako) Lantamal IV, Jalan Yos Sudarso No.1 Batu Hitam, Tanjungpinang Kepulauan Riau, Jumat (5/7).

Peserta BJRB kali ini diikuti oleh 77 orang peserta yang terdiri dari siswa-siswi SMP Hang Tuah Tanjungpinang, SMAN 1 hingga SMAN 6 Tanjungpinang, kemudian SMKN 1 sampai SMKN 3 Tanjungpinang. Selain itu, BJRB juga diikuti dari Pramuka Saka Bahari Kabupaten Bintan, Pramuka Saka Bahari Kota Tanjungpinang, Pramuka Saka Bahari Kabupaten Tanjung Balai Karimun, dan tidak ketinggalan Keluarga Besar TNI Angkatan Laut Tanjungpinang.

Danlantamal IV dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wadan Lantamal IV mengatakan bahwa upacara pembukaan ini merupakan simbolisasi formal. Kegiatan Bintal Juang Remaja Bahari di Mako Lantamal IV akan dilaksanakan selama 3 (tiga) hari. Nantinya para peserta BJRB akan dibekali dengan berbagai ilmu terkait pembinaan mental perjuangan dan kebaharian. Selain itu, para nara sumber juga akan memberikan pembekelan berupa pembekalan Bintal Rohani, Bintal Idiologi, Bintal Juang, Pembinaan Jasmani, Kebaharian, Kepemimpinan, Pencegahan Kenakalan Remaja, Penyalahgunaan Hukum dan Pengenalan Olahraga Air dan Panahan.

Danlantamal IV menghimbau kesemuanya ini diarahkan untuk memberikan pengetahuan, keterampilan dan menanamkan semangat juang serta rasa cinta bahari. “Bintal Juang Remaja Bahari yang merupakan salah satu bentuk wujud kepedulian TNI Angkatan Laut khususnya Lantamal IV merupakan bentuk dukungan terhadap program pemerintahan Presiden Joko Widodo yang menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia, yang dikenal dengan salah satu lima pilar utama poros maritim dunia dan tidak mungkin kita akan menguasai laut kalau kita tidak cinta laut,” imbuhnya.

Lebih jauh disampaikan bahwa kegiatan BJRB kali ini mengambil tema ”Membina Mental Juang Remaja Bahari Dengan Menumbuhkan Jiwa Nasionalisme Pada Generasi Muda“. Saya nilai tema ini sangat tepat, karena hal ini sangat penting bagi generasi muda dan diharapkan dapat terwujud melalui kegiatan Bintal Juang Remaja Bahari yang akan dilaksanakan.

Dihari pertama materi yang diberikan kepada peserta BJRB yakni materi Kepemimpinan dilanjutkan dengan materi Pembinaan Mental (Bintal) Rohani. Kegiatan dilanjutkan dengan materi tentang Pencegahan Kenakalan Remaja oleh Polisi Militer Lantamal IV, kemudian diakhir dengan Pengetahuan Bahari bertempat di Taman Bahari Mako Lantamal IV.

 

Sedangkan materi yang disajikan kepada para peserta BJRB pada hari kedua bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) Yos Sudarso diantaranya materi Pembinaan Mental (Bintal) Juang oleh Dinas Administrasi Personel (Disminpers) Lantamal IV, Penyuluhan Hukum oleh Dinas Hukum (Diskum) Lantamal IV dan Pembinaan Mental (Bintal) Idiologi oleh Staf Intelijen Lantamal IV, kegiatan Out Bonduntuk melatih kerjasama tim.

Kegiatan BJRB ini merupakan agenda rutin tahunan TNI Angkatan Laut yang dilaksanakan oleh seluruh Lantamal yang berada diseluruh Indonesia namun pelaksanannnya di masing-masing Lantamal berbeda-beda.

Diakhir amanatnya Wadan Lantamal IV menekankan kepada para peserta BJRB dan pendukung untuk utamakan keselamatan dan keamanan diri kalian masing-masing selama mengikuti seluruh rangkaian kegiatan ini, dan ikuti setiap kegiatan dengan baik dan penuh kesungguhan, juga gunakan waktu yang ada dengan sebaik-baiknya untuk saling mengenal dan berdiskusi, selanjuntya ikuti perintah instruktur dengan penuh disiplin dan keikhlasan.

“Kepada Dansatgas beserta seluruh anggota Satgas, laksanakan kegiatan ini dengan baik sesuai rencana yang telah ditetapkan dan perhatikan keamanan serta keselamatan personel. Sebagai informasi, diakhir kegiatan ini para peserta BJRB akan mengunjungi Kapal Perang RI yang tengah bersandar di dermaga Mentigi Tanjung Uban, serta mengikuti pelayaran terbatas dengan menggunakan Kapal Perang TNI Angkatan Laut,” tegas Wadan Lantamal IV.

Hadir pada acara tersebut Para Pejabat Utama Mako Lantamal IV, Para Kadis/Dan/Kasatker Lantamal IV, Para Kepala SMAN, SMKN, SMP Hang Tuah, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Tanjungpinang, Para Pamen Lantamal IV dan Para Instruktur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *