Dandim 0803/Madiun Peringati Hari Kesaktian Pancasila Di Monumen Kresek

zonakomando.com, Madiun, Upacara peringatan hari Kesaktian Pancasila tahun 2019 di Kabupaten Madiun digelar di Monumen Kresek, Desa Kresek, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun, Selasa (1/10/2019).

Monumen Kresek adalah monumen bersejarah yang merupakan peninggalan dan sebagai saksi atas peristiwa tentang keganasan PKI pada tahun 1948 di Madiun.

Komandan Kodim 0803/Madiun Letkol Czi Nur Alam Sucipto, S.Sos., yang hadir dalam kegiatan peringatan Hari Kesaktian Pancasila saat ditemui mengatakan, hari ini yang kita kenal dengan Hari Kesaktian Pancasila merupakan perjalanan sejarah Bangsa Indonesia yang berhasil mempertahankan Ideologinya.

“Ini harus tetap diingat sekaligus cermin bagi kita semua khususnya generasi muda dalam menapaki kehidupan berbangsa dan bernegara, agar sejarah kelam tidak berulang dimasa mendatang,” terangnya.

“Terlebih bagi generasi muda yang memiliki peran penting dan strategis dalam melanjutkan estafet kepemimpinan bangsa, maka generasi muda harus benar-benar memahami sejarah bangsa, memahami nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila,” tutur Dandim.

“Untuk itu diperlukan penguatan wawasan kebangsaan diantaranya pemahaman Empat Pilar Kebangsaan yang meliputi Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI, bagi semua komponen masyarakat,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *