Wujudkan Harapan Warga, Dandim 0619/Pwt Tinjau Lokasi TMMD 106

zonakomando.com, Purwakarta – Mengawali dimulainya pekasanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke- 106 di wilayah Purwakarta, Dandim 0619 Purwakarta Letkol Arh Yogi Nugroho meninjau lokasi yang dijadikan sasaran berbagai program fisik TMMD di Wilayahnya.

Salah satu wilayah sasaran program fisik yang difokuskan adalah Desa Cisaat Kecamatan Campaka Kabupaten Purwakarta. Wilayah Kecamatan Campaka merupakan wilayah Kabupaten Purwakarta yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Karawang dan Kabupaten Subang.

Karena lokasinya yang terbilang cukup strategis sebagai penghubung antar kabupaten, dapat dikatakan Kecamatan Campaka ini merupakan urat nadi bagi penduduk kedua kabupaten yang bersebelahan dengan Kabupaten Purwakarta.

TMMD ke 106 Kodim 0619/Pwk ini, merupakan membangun infrastruktur akses jalan penghubung antara dua desa di dua Kecamatan Kabupaten Purwakarta.

Dandim 0619/Purwakarta, Letkol Arh,Yogi Nugroho menyampaikan bahwa program TMMD ke-106 Tahun 2019 sangat dibutuhkan dalam mempercepat proses pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah, khususnya untuk wilayah pedesaan, daerah tertinggal, terpencil maupun terisolir.

“Karena wilayah Kecamatan Campaka ini berbatasan dengan Kabupaten Subang dan Karawang, artinya wilayah ini cukup strategis, namun sarana jalan antar desa di kecamatan ini sangat terbatas, “ tuturnya.

“Untuk itu dalam program TMMD 106 ini, kami lebih fokuskan untuk memperbaiki sarana fisik yang dapat membantu perekonomian warga di sini. Aktivitas warga di sini cukup tinggi, dan warga sangat mendambakan akses jalan yang memadai untuk menunjang aktivitas ekomoninya, “ imbuhnya.

Lebih lanjut dikatakannya, TMMD merupakan program unggulan TNI dalam rangka mewujudkan dan menciptakan kemanunggalan TNI dengan rakyat. Peran TNI adalah membantu program pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dalam peninjauan ini, Letkol Arh Yogi Nugroho mendatangi lokasi-lokasi yang menjadi sasaran fisik termasuk melihat secara langsung progress pembuatan jalan antar desa yang telah dimulai beberapa waktu lalu.

Selain sarasan fisik berupa pembangunan sarana umum dan infrastruktur, TMMD 106 di wilayah Purwakarta juga fokus pada sasaran non fisik berupa sosialisasi maupun penyuluhan-penyuluhan kepada warga.

“Tujuannya untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, berupa sarana dan prasarana umum, serta menumbuhkan kesadaran berbangsa dan bernegara guna terciptanya masyarakat yang sejahtera, maju, mandiri, dan memiliki ketahanan nasional,” ungkap Dandim,

Dijelaskannya, pada kegiatan TMMD tersebut, Kodim 0619 Purwakarta bersama masyarakat bakal membuka keterisoliran wilayah sehingga menjadi jalan penghubung yang selama ini didambakan masyarakat.

“Pada pra TMMD ini, para Babinsa ke lokasi TMMD untukuk mensosialisasikan kepada masyarakat, tentang akan dibangunnya infrastruktur jalan penghubung dua desa tersebut sepanjang 650 meter yang diperkeras, “pungkasnya. (pwt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *