PRESIDEN JOKOWI MELALUI KEMENTRIAN LUAR NEGRI MENOLAK AJAKAN AMERIKA, INGGRIS DAN PERANCIS UNTUK MENEKAN SURIAH DAN RUSIA.

Zonakomando – tiga Duta Besar negara Amerika Serikat, Prancis, dan Inggris, menyambangi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi Kamis (19/4). Indonesia diminta untuk ikut menekan Suriah.
Juru bicara Kementerian Luar Negeri Armanatha Nasir, ketika ditemui oleh awak media di kantor Kemlu, Jumat (20/4) saat ditanya para awak media menyatakan bahwa untuk persoalan Suriah posisi RI tetap pada prinsip, Indonesia mengecam penggunaan senjata kimia di Suriah.
” Ibu Menlu kembali menyampaikan posisi Indonesia, yaitu pertama kita prihatin dengan apa yang terjadi pada rakyat Suriah, kedua kita kembali tegaskan mengecam keras penggunaan senjata kimia oleh siapa pun,” sebut Arrmanatha.
” Ketiga kami tekankan bahwa semua pihak untuk menahan diri, dan perhatikan respect kemanusiaan pada perempuan dan anak anak jadi prioritas dan ibu menteri minta semua pihak hormati hukum internasional,” sambung dia.
Dubes Inggris untuk Indonesia, Moazzam Malik, menegaskan tindakan negara sekutu menyerang Suriah sudah sepatutnya didukung RI. karena Indonesia adalah bagian konvensi Organisasi Pelarangan Senjata Kimia (OPCW).
Saat bertemu dengan Mentri luar negri kamis 19/4/2018 dikantor kementrian luar negri, mozzam mengatakan bahwa mereka menginginkan  agar Indonesia ikut bersama dengan warga dan negara di seluruh dunia untuk menekan Suriah dan sekutunya Rusia agar mereka memberi akses bagi tim pencari fakta OPCW masuk ke Douma.
“Kami juga mengundang Indonesia bekerja bersama dengan kami, untuk mendesak negara-negara di dunia termasuk Suriah dan Rusia untuk menegakkan konvensi (OPCW),” ucap Moazzam.
Hera/red.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *