Komandan Lanal Lhokseumawe Beri Kuliah Umum Kelautan Kepada Mahasiswa Universitas Malikuusaleh

Sabang, — Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Sabang Kolonel Laut (P) Edi Haryanto, S.E., memberikan kuliah umum kelautan dengan tema “Peran TNI Angkatan Laut Dalam Menjaga Kedaulatan NKRI” kepada Mahasiswa/i Universitas Malikuusaleh Lhokseumawe dari Fakultas Pertanian dan Ilmu Kelautan Angkatan Pertama sebanyak 60 orang dengan didampingi oleh Kepala Program Studi dan 4 dosen pendamping bertempat di Gedung Olahraga Wijaya Kusuma, Mako Lanal Sabang, Senin (21/1).

Dalam kesempatan tersebut Kepala Program Studi Munawwar Khalil, S.Pi., M.Si., menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pihak Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Sabang yang telah membantu dan mendukung kegiatan “Fieldtrip” yang diselenggarakan oleh Universitas Malikuusaleh Lhokseumawe dari Fakultas Pertanian dan Ilmu Kelautan, dan merupakan suatu kebanggaan karena kami bisa bertatap muka secara langsung dengan Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Sabang.

Sementara itu, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Sabang Kolonel Laut (P) Edi Haryanto, S.E., menyampaikan ucapan selamat datang kepada Mahasiswa/i dari Universitas Malikuusaleh dan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan dari Pihak Universitas Malukuusaleh kepada Lanal Sabang untuk mendukung kegiatan “Fieldtrip” yang sedang dilaksanakan.

“Indonesia terletak diposisi strategis, namun berapa banyak yang memahami dan apa yang penting dari posisi strategis itu ?. Latar belakang Indonesia adalah kumpulan pulau-pulau (kepulauan) dan awal berdirinya Indonesia banyak menggunakan produk hukum Belanda, termasuk TZMKO (Teritoriale Zeen en Maritieme Kringen Ordonante 1939). Setiap pulau memiliki laut teritor sejauh 3 NM (5,6 KM), dan selebihnya adalah Laut Bebas”, ungkap Danlanal Sabang.

Lebih lanjut disampaikan bahwa kita harus menjadi bangsa pelaut yang sebenar-benarnya, bangsa pelaut yang kesibukannya di laut melebihi gelombang laut itu sendiri.
Kita sebagai Prajurit Tentara Nasional Indonesia, berperan sebagai alat negara dibidang pertahanan di laut yang berfungsi sebagai penangkal, penindak dan pemulih apabila negara mendapatkan ancaman dari luar. Tugas Angkatan Laut sendiri sebagai pelaksana pertahanan matra laut, sebagai penegak hukum dan menjaga keamanan laut yurisdiksi, sebagai diplomasi Angkatan Laut serta pengembangan kekuatan matra laut dan pemberdayaan wilayah pertahanan laut. Kami sebagai TNI, memiliki tugas untuk menjamin negara itu tetap ada, kedaulatan kita terjaga dengan mengedepankan kepentingan rakyat diatas kepentingan pribadi atau golongan.

Hadir pada acara tersebut Palaksa Lanal Sabang, Pasintel Lanal Sabang, Dandenpomal selaku Pjs. Paspotmar Lanal Sabang, Dan Unit Intel Lanal Sabang, Kepala Program Studi Universitas Malikuusaleh, serta Dosen Pendamping.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *