Mulawarman Peduli : Kodim 0911/Nnk Gelar Manunggal Subuh Warga Terenyuh

NUNUKAN – Banyak cara yang dilakukan Kodim 0911/Nunukan untuk berkomunikasi sosial (Komsos) kepada warga masyarakat di wilayah. Salah satunya dengan metode unik yang satu ini.

Manunggal Subuh sudah menjadi agenda rutin Kodim 0911/Nnk disetiap bulannya dan hingga saat ini sudah berjalan 1 tahun lebih. Pada kesempatan kali ini juga, giliran Masjid Al Fajar Kel. Nunukan Barat Kec. Nunukan Kab. Nunukan Prov. Kaltara yang menjadi sasaran serbuan, Jumat (08/03/2019).

Bukan hanya anggota Kodim 0911/Nnk saja tetapi turut menggandeng satuan lainnya seperti Polri, Lanal Nunukan, tokoh agama dan unsur lainnya serta para warga masyarakat sekitar. Kurang lebih sebanyak 130 orang memenuhi masjid.

Turut hadir dalam kegiatan yakni Imam Masjid Al Fajar Bpk. Abd Talib, Dandim 0911/Nnk Letkol Czi Abdillah Arif S.I.P, Kapolres Nunukan diwakili oleh Kapolsek Nunukan Iptu Hairul Ismed Harahap, Danlanal Nunukan diwakili oleh Ka Akun Lettu Laut (P) Sudarmadi, Danramil 0911-01/Nnk Mayor Inf Budi Indri, Wadansatgas Pamtas Yonif Raider 613/RJA Kapten Inf Fadliansyah, Danki Brimob Nunukan Iptu Budi Utomo dan tamu undangan lainnya.

Salah satu cara atau metode pembinaan teritorial yang paling ampuh ialah melalui ibadah shalat subuh berjama’ah atau disebut juga Manunggal Subuh.

Komandan Kodim 0911/Nunukan, Letkol Czi Abdillah Arif, S.I.P kepada awak media, Jumat (08/03) mengatakan bahwa kegiatan manunggal subuh yang dilakukan ini bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita sebagai hamba Allah SWT.

Dalam kesempatan yang sama pula Dandim memberikan Kultum kepada para jamaah. Adapun tema yang diusung yakni Sikap Toleransi terhadap sesama yang tentu sangat relevan untuk dikedepankan dalam menghadapi masa – masa menjelang pelaksanaan Pemilu nanti.

“Selain itu juga sebagai bentuk hubungan dengan Allah dan manusia atau habluminallah wa habluminannas atau sesama warga masyarakat”, tambahnya.

Salah satu warga Kelurahan Nunukan Barat Sdr. Rusdianto mengatakan bahwa kegiatan ini sangat luar biasa dan menyentuh hatinya.

“Saya sangat senang sekali, mudah mudahan ini terus dilakukan pak. Saya terharu bangga pak, sangat indah sekali apabila ibadah subuh setiap hari ramai begini pak. Saya terenyuh pak”, ucapnya.

“Manunggal subuh yang dilaksanakan setiap bulannya ini sudah menjadi agenda rutin kami. Selain memiliki tujuan seperti diatas tadi, kami juga sambil menjalin erat silaturahmi antar sesama. Tidak ada perbedaan baik itu suku ataupun ras”.

Lebih lanjut, Dandim juga mengatakan bahwa kegiatan tersebut juga untuk melakukan pembinaan secara individu terhadap para anggota Kodim lainnya agar selalu meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *