Satgas Pamrahwan Yonif MR 412 Kostrad Bangun Instalasi Air Bersih

Puncak Jaya – Satgas Pamrahwan Kabupaten Puncak Jaya Yonif Mekanis Raider 412 Kostrad membangun instalasi air bersih di Kampung Yunggwi, Distrik Wanwi, Kabupaten Puncak Jaya. Pembangunan instalasi tersebut dipimpin oleh Danpos Kalome Kompi C Satgas Yonif MR 412 Kostrad, Sabtu (27/04/2019).

Berawal dari kegiatan patroli keamanan yang dilaksanakan oleh Pos Kalome pada bulan Maret 2019 di Distrik Wanwi, ditemukan permasalahan yang dialami oleh Warga Kampung Yunggwi. Dalam memenuhi kebutuhan air bersih, warga harus berjalan kaki sejauh 800 meter menuju mata air. Selain harus menempuh jarak yang relative jauh, warga juga harus menghadapi potensi bahaya tanah longsor. Atas temuan tersebut, Dankipur C, Lettu Inf Depari melaporkannya kepada Dansatgas YMR 412 Kostrad, yang kemudian ditindaklanjuti dengan pengadaan selang dan drum penampungan air.

Akses terdekat menuju Kampung Yunggwi yang berada di 1900 Mdpl adalah dari Pos Kalome di Distrik Kalome. Tim pelaksana pembangunan instalasi air bersih dari Satgas Yonif MR 412 Kostrad harus menempuh rute dengan melalui lembah yang curam, tebing yang terjal dan menyeberangi sungai tanpa jembatan. Tim bersama warga berjalan kaki selama 6 jam, bahu membahu membawa material instalasi air bersih menuju Kampung Yunggwi.

“Terimakasih kami ucapkan kepada bapak-bapak dari SatgasYonif MR 412 Kostrad, khususnya Pos Kalome, yang telah membangunkan instalasi air bersih untuk di KampungYunggwi. Sumber air sudah dekat, mama-mama tidak lagi terancam bahaya melintasi daerah yang rawan longsor untuk mengambil air bersih,” ucap Mentinus Kogoya, Kepala Kampung Yunggwi.

“Pembangunan instalasi air bersih ini bertujuan untuk membantu meningkatkan taraf hidup Warga Kampung Yunggwi padaaspekketersediaan air bersih. Kegiatan ini merupakan wujud nilai kebermanfaatan satgas kami bagi lingkungan/masyarakat. Melalui semangat kebermanfaatan, kami berupaya memberikan pengabdian bagi khususnya Warga Kampung Yunggwi dan umumnya bagi Kab.Puncak Jaya,” ujar Dansatgas Pamrahwan YMR 412 Kostrad.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *