Ciptakan Hidup Sehat, Yonif 141/AYJP Bantu Pembuatan Jamban Warga

Batalyon Infanteri 141/AYJP sebagai satuan tempur yang mengemban tugas melaksanakan Operasi Militer untuk Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP), disamping tugas-tugas pembinaan dan tugas kematraan darat, Yonif 141/AYJP juga dituntut mempunyai kepedulian terhadap lingkungan dan kebersihan di sekitar satuan dan di daerah latihan sehingga kemampuan sebagai Satuan Non Komando Kewilayahan yang membantu kegiatan dan mengatasi kesulitan masyarakat sekitarnya untuk mempercepat program pembangunan daerah.

Satuan Yonif 141/AYJP melaksanakan kegiatan dengan sasaran pembuatan jamban bagi warga masyarakat yang kurang mampu dan belum memiliki jamban, karena mayoritas masyarakat yang berada di wilayah Desa Karang Raja Kabupaten Muara Enim sebagian besar berprofesi sebagai petani, peternak dan buruh tani. Banyak dari masyarakat tersebut yang tidak memiliki jamban sendiri dan masih mengunakan jamban umum yang di buat hanya menggunakan lubang seadanya saja tentu ini tidak baik dari segi kebersihan dan kesehatan. Dengan adanya bantuan pembuatan jamban dari Yonif 141/AYJP masyarakat sangat senang sekali dan bantuan ini menjadikan kehidupan masyarakat lebih sehat.

Bapak AI Holik warga Desa Karang Raja yang Desanya menjadi sasaran karya bakti pembuatan jamban mengungkapkan, dirinya sudah lama ingin memiliki jamban akan tetapi karena biaya pembuatanya cukup mahal sehinga belum memiliki Jamban sendiri. “Dengan adanya bantuan Jamban dari Yonif 141/AYJP, saya beserta anak istrinya sangat senang sekali dan bersyukur sudah bisa memiliki jamban. Dan saya ucapkan terima kasih kepada TNI khususnya satuan Yonif 141/AYJP yang telah bersusah payah membantu mulai dari penggalian lubang sampai pembuatan jamban selesai”, ungkapnya.

Danyonif 141/AYJP Letkol Inf Aswin Suladi, S.E., M.Ak. dalam kesempatan ini menyampaikan bahwa program pembuatan jamban ini sesuai perintah dari Komando Atas untuk membantu masyarakat. “Dalam tahun ini satuan Yonif 141/AYJP minimal membuat 8 Jamban dan sampai saat ini telah selesai di buat sebanyak 4 buah Jamban”, jelas Letkol Aswin saat meninjau pembuatan Jamban pada Kamis (2/4/2019).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *