BABINSA KORAMIL GONDANG SERDA KARSIONO PELATIHAN SAKA WIRAKARTIKA WUJUDKAN KESADARAN BELA NEGARA

Nganjuk— Wujudkan kecintaan tanah air dan bela negara dan wawasan kebangsaan anggota Koramil 0810/14 Gondang aktif melaksanakan latihan pramuka khusus untuk satuan karya (Saka) Wirakartika.

Menurut Sersan dua (Serda) Karsiono, latihan rutin sebagai anggota pramuka tersebut bertujuan membantu mewujudkan menjadi pribadi yang memiliki kecerdasan, keterampilan, kekuatan mental dan perilaku yang baik serta memiliki integritas untuk tantangan di masa depan.

Anggota Saka Wirakartika yang rutin melakukan latihan setiap hari Minggu tersebut ungkap Serda Karsiono merupakan anggota pramuka dari berbagai sekolah Menengah Atas (SMA) di kecamatan Gondang, diantaranya . Rata rata satu sekolah mengirimkan beberapa anggota pramuka yang tergabung dalam Saka Wirakartika. Beberapa materi latihan yang diberikan diantaranya pelatihan baris berbaris (PBB) hingga wawasan kebangsaan.

“Kegiatan pramuka menjadi sebuah kesempatan untuk mendidik anak anak muda yang saat ini memiliki banyak pengaruh, sehingga dengan mengikuti kegiatan bisa menjadi kegiatan yang positif,”terang Serda Karsiono mendampingi Bati Wanwil, Peltu Warsi kepada anggota Saka Wirakartika di Koramil Gondang, Minggu (16/6/2019).

Tujuan lain pembinaan Saka Wirakartika diakuinya juga menciptakan rasa cinta tanah air dan bela negara melalui pengetahuan dan pengamalan Pancasila dan UUD 1945.

Pelatihan tersebut juga merupakan wadah pendidikan guna menyalurkan minat, mengembangkan bakat dan pengalaman para pramuka dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan tekhnologi.

“TNI juga memiliki kewajiban membina generasi muda dengan harapan mereka memiliki kecintaan terhadap TNI dan ke depan banyak generasi muda yang tertarik mengabdikan diri menjadi anggota TNI,”ungkap Serda Karsiono.

Sandi (16) siswa SMAN 1 Gondang yang merupakan anggota Saka Wirakartika tingkat Penegak menyebutkan, dirinya sengaja memilih menjadi anggota Pramuka Saka Wirakartika karena memiliki keinginan menjadi anggota TNI Angkatan Darat (AD).

“Banyak hal positif bisa saya peroleh dengan mengikuti Pramuka karena bisa bersosialisasi dengan kawan dan memiliki kesadaran bela negara,”ungkap An

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *