Hari Kedua, Latihan Posko I Kodim 0403/OKU Penanggulangan Bencana Banjir Dan Tanah Longsor

OKU -Memasuki hari kedua pelaksanaan latihan Posko I Kodim 0403/OKU Tahun 2019 yang mengambil sandi Dempo Sakti XLIX TA 2019, mulai menunjukkan skillnya ketika melakukan operasi bantuan kepada pihak Pemerintah Daerah dalam rangka Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yaitu penanggulangan bencana alam banjir dan tanah longsor yang terjadi di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Kabupaten OKU Timur dan Kabupaten OKU Selatan.

Kepala Seksi Operasi (Kasiops) Korem 044/gapo Mayor Kav Delvi Marico, S.E. selaku Pengawas dan Pengendali (Wasdal) Latihan Posko I Kodim 0403/OKU mengatakan, keberadaan di tiga wilayah yaitu Kabupaten OKU, Kabupaten OKU Timur dan Kabupaten OKU Selatan perlu diwaspadai, karena wilayah ini sangat rawan akan terjadinya bencana banjir maupun tanah longsor di musim penghujan.

“Kewaspadaan harus terus ditingkatkan karena tidak ada yang bisa memperkirakan kapan akan terjadi bencana banjir maupun tanah longsor terjadi. Masyarakat di wilayah dataran rendah seperti di OKU dan OKU Timur harus memiliki kewaspadaan tinggi terhadap bencana banjir, begitu pula yang ada di wilayah pegunungan Kabupaten OKU Selatan yang rawan tanah longsor”, ujar Kasiops.

Menurutnya, latihan yang diikuti Dandim, Kasdim dan Perwira Staf beserta anggota jajaran Kodim 0403/OKU ini diharapkan bisa menyiapkan personel TNI dalam membantu Pemerintah Daerah dalam menanggulangi bencana alam banjir dan tanah longsor yang sering terjadi di wilayah Kodim 0403/OKU. Hal ini sesuai dengan tugas dan fungsi TNI dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Dalam tugas OMSP, TNI berkewajiban membantu tugas-tugas Pemda, termasuk dalam hal penanggulangan dan penanganan bencana alam.

“Latihan Posko I Kodim 0403/OKU juga dilakukan untuk menentukan Tupoksi (Tugas Pokok dan Fungsi) masing-masing elemen, siapa berbuat apa dan bagaimana jika benar terjadi bencana tersebut”, kata Mayor Delvi pada pelaksanaan latihan dihari kedua itu.

Kesigapan prajurit, lanjut Mayor Kav Delvi Marico, S.E. tidak bisa diperoleh dalam waktu singkat melainkan dengan latihan yang terus-menerus. Oleh karena itu latihan harus menjadi kebutuhan mendasar bagi prajurit agar ketika terjadi bencana sebenarnya, bisa sigap dalam bertindak. “Apalagi, tantangan ke depan para prajurit semakin berat. Hasil perencanaan Latihan Posko I Kodim 0403/OKU ini nantinya akan ditindaklanjuti dengan pengambil kebijakan di Pemerintah Daerah”, pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *