Pangdivif 2 Kostrad Lepas Satgas Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad Pamtas RI-PNG

Semarang – Pengamanan perbatasan adalah salah satu tugas yang diamanatkan oleh Negara kepada TNI sebagai mana tercantum dalam UU Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia.

Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad, Mayjen TNI Tri Yuniarto, S.AP., M.Si., M.Tr (Han), memimpin jalannya upacara pemberangkatan Satgas Pamtas Republik Indonesia-Papua New Guinea (RI-PNG) Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad, bertempat di lapangan Dermaga Tanjung Mas, Semarang. Jum’at (28/6).

Dalam amanatnya, Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad mengucapkan selamat atas terpilihnya Satgas Yonif Mekanis Raider 411/Divif 2 Kostrad sebagai satuan yang diberi kesempatan melaksanakan tugas pengamanan perbatasan RI-PNG. Tugas ini merupakan kehormatan dan kepercayaan yang diberikan oleh Negara kepada kalian.

Pangdivif 2 Kostrad berharap Satgas Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad mampu mengemban tugas mulia dan menjaga kehormatan Satuan, kehormatan Kostrad, kehormatan Angkatan Darat, TNI sekaligus menjaga keutuhan serta kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Ini bukanlah tugas yang ringan, tetapi akan menjadi ringan apabila kalian melaksanakannya dengan tulus, ikhlas dan penuh rasa tanggung jawab. Ingat kalian adalah prajurit Kostrad, prajurit yang terpilih dan terlatih, prajurit yang handal dan memiliki standar yang tinggi,” ungkapnya.

“Laksanakanlah tugas ini dengan sebaik-baiknya, tunjukkan jati diri TNI sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan tentara profesional dengan tetap sabar dan waspada namun tegas dalam bertindak. Kedepankan sikap profesionalisme, jangan mudah terpancing oleh provokasi yang negatif, yang pada akhirnya akan merugikan satuan,” tambahnya.

“Saya berpesan kepada seluruh prajurit Satgas Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad, tidak ada alternative lain kecuali berbuat yang terbaik, dengan lakukan pengamanan personel dan materiil, baik selama bertugas di daerah operasi, senantiasa memohon pertolongan dan perlindungan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sehingga dalam penugasan ini kalian senantian mendapat perlindungan dan kemudahan”, tutur Pangdiv.

Diakhir amanatnya Pangdivif 2 Kostrad mengucapkan, “Selamat jalan, kalian adalah duta dari prajurit Divif 2 Kostrad, keberhasilan adalah kebanggaan kita semua. Selamat bertugas, jaga kehormatan dirimu, kesatuan dan bangsamu doa kami menyertai.” Tegasnya.

Turut hadir pada upacara tersebut Pangdam IV/Diponegoro, Danlantamal Semarang, para Asisten Kasdam IV/Diponegoro, Asren Divif 2 Kostrad, para Asisten Kasdivif 2 Kostrad, Danbrigif Mekanis Raider 6/TSB/2 Kostrad, para Komandan Satuan Jajaran Divif 2 Kostrad serta Ibu Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Divif 2 PG Kostrad beserta pengurus.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *