Pasi Pers Kodim 0807/Tulungagung : “Pentingnya Menjaga Kesehatan”

Tulungagung – Pelihara kesegaran dan ketahanan tubuh, para personel Kodim 0807/Tulungagung baik prajurit maupun aparat sipil negara melaksanakan olahraga dengan berlari bersama berseragam olahraga biru-biru mengelilingi lingkar sungai kawasan kuliner Pinka Lembupeteng Kelurahan Kutoanyar Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung Jawa Timur, Selasa (02/07/2019).

Pasi Pers Kodim Lettu Inf Khoiruddin menyampaikan pentingnya menjaga kesehatan, terlebih lagi dengan santernya berita tentang penyebaran penyakit Hepatitis A mulai dari Pacitan yang menyerang banyak korban akhir-akhir ini. Menurutnya olahraga merupakan cara terbaik untuk memperkuat otot tubuh yang jika dilakukan secara teratur dapat mempertahankan berat badan sehat dimana berat badan yang berlebihan meningkatkan jumlah sel lemak di hati yang bisa menyebabkan penyakit perlemakan hati dan kerusakan hati. Ia juga menambahkan bahwasanya selain menjaga kesehatan agar tidak rentan akan penyakit, dengan olahraga para personel Kodim dapat menjaga kondisi fisik yang prima sebagai modal utama dalam melaksanakan tugas.

“Penyebaran penyakit Hepatitis A menjadi fokus kita bersama, kita dapat mencegahnya dengan menjaga kebugaran tubuh dengan olahraga dan pola hidup sehat.” ungkap Pasi Pers.

Sebelum melaksanakan lari mengelilingi lingkar sungai kawasan Pinka Lembupeteng, Serma Heri memimpin para anggota Kodim Tulungagung baik militer dan PNS untuk melaksanakan senam pemanasan. Pelaksanaan pemanasan merupakan langkah yang penting yang tidak boleh dilewatkan saat melakukan olahraga. Hal ini penting agar para personel terhindar dari cedera dan agar olahraga utama yang dilakukan akan lebih maksimal.

“Pemanasan wajib dilakukan untuk menghindari terjadi cedera dan untuk memaksimalkan pelaksanaan lari.” ujar Serma Heri.

Olahraga yang dilakukan secara rutin dan konsisten dapat membangun dan meningkatkan ketahanan tubuh serta menguatkan otot para anggota. Menurut Serma Heri, dengan berlari dapat menjaga kesehatan tubuh, yaitu dapat memperlancar aliran darah, serta meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh. Di samping itu, lari juga dapat memicu pengeluaran hormon dan enzim yang merangsang jantung dan otot bekerja lebih baik. Untuk itu para anggota melaksanakan kegiatan lari mengelilingi lingkar sungai kawasan Pinka Lembupeteng dan melakukan pull up, sit up serta push up. Yang terakhir, ia juga mengingatkan para peserta olahraga untuk selalu menjaga faktor keamanan mengingat faktor usia para peserta karena yang mengetahui bagus tidaknya kondisi tubuh pelari adalah para peserta sendiri.

“Kita laksanakan lari 4,3 km dilanjutkan pull up, sit up dan push up. Tetap jaga faktor keamanan dengan selalu ingat faktor usia karena yang tahu kondisi tubuh adalah kita sendiri.” tutup Serma Heri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *