SATGAS PAMTAS YONARMED 18/KOMPOSIT HADIRI PROJEK PESONA BUDAYA DAERAH (LOKAL) YANG DISELENGGARAKAN OLEH SMP NEGERI 1 NUNUKAN

Selasa 26 Oktober 2021

Dalam rangka penerapan Kurikulum, SMP N 1 Nunukan menggelar Projek pesona budaya daerah di Rumah Adat Tidung Binusan di Desa Binusan, Kecamatan Nunukan, Kabupaten Nunukan , Kalimantan Utara. (25/10/2021).

Wakil Kepala SMP 1 Nunukan Bidang Kurikulum menyebutkan Sekolah Penggerak diberikan pilihan melaksanakan tujuh tema projek berbeda dan diwajibkan melaksanakan tiga di antara tema-tema tersebut.“Dari tiga tema ini, pertama adalah Keraifan Lokal yang kami beri subtema Pesona Budaya Daerah dan penerapkan proses belajarnya dengan mengunjungi dan mengundang Pemangku Adat Tidung Binusan untuk memberikan materi tentang Budaya Tidung”, papar Suriana.

Dua tema lainnya akan dilaksanakan akhir November 2021 yaitu Seniman Masuk Sekolah serta Suara Demokrasi yang akan dilaksanakan pada semester II nanti. Suriana menjelaskan “pembelajaran yang menggunakan KOS terbagi atas dua jenis pembelajaran yakni pembelajaran rutin yang berlangsung layaknya Pembelajaran Tatap Muka (PTM) biasanya selama lima hari sekolah dan yang kedua adalah pembelajaran yang bersifat projek dan inilah yang kita laksanakan sekarang,” katanya.

Selain berkunjung ke Rumah Adat Tidung, siswa SMP 1 Nunukan juga bertemu dengan beberapa Pemangku Adat Tidung yang mengenakan pakaian adat khas Tidung sekaligus sebagai pemateri pada proses pembelajaran Pesona Budaya Daerah ini.
Materi pertama tentang lagu Adat Tidung yang dibawakan langsung oleh Koordinator Lembaga Adat Tidung juga sebagai Kepala Bagian Tata Pemerintahan Daerah Nunukan H Sura’i.

Dansatgas Pamtas RI Malaysia Yonarmed 18/Komposit Letkol Arm Yudhi Ari Irawan, S.Sos,. M.Han dalam rilis tertulisnya menyampaikan rasa gembiranya telah dilibatkan dalam upaya pelestarian budaya daerah dan merasa bangga dengan siswa-siswa SMP 1 Nunukan yang sangat antusias mempelajari budaya Adat Tidung serta “Kami bangga telah dilibatkan dalam kegiatan ini. Selain telah membantu generasi muda belajar tentang Budaya Tidung, kami juga merasa senang karena menjadi bagian pelestarian kebudayaan,” ungkap Dansatgas
.
Kami berharap pihak satgas pamtas tetap akan dilibatkan dalam kegiatan serupa dan ia dengan tegas menyatakan akan selalu siap membantu. Dalam kegiatan tersebut
Turut hadir di antaranya anggota Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed 18/Komposit, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Daerah Nunukan dan Aparat Pemerintah Desa Binusan serta sejumlah Tenaga Pendidik SMP 1 Nunukan.

Sumber : Satgas Pamtas Yonarmed 18/Komposit

Rizaldi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *